Content feed Comments Feed

Monetasi Blog Cara "Niche" atau "Flagship"?

Posted by Professional Writer Sunday, June 7, 2009

Setelah kita membahas 7 cara strategis monetasi blog, mungkin kita masih belum tahu harus memilih strategi yang mana. Untuk itu, kita akan persempit pilihannya menjadi 2, yaitu monetasi blog cara "Niche" dan cara "Flagship". Banyak blogger yang mencoba menentukan strategi mana yang paling baik. Apakah lebih baik mendapatkan penghasilan $ 1 per hari dari 100 "niche" blog, atau $ 100 per hari dari 1 "flagship" blog?. Caroline Middlebrook bahkan mencoba melakukan percobaan untuk mengetahui mana yang lebih mudah, menjual 100 produk seharga $1 atau 1 produk seharga $100.
Mereka adalah blogger-blogger sukses, bagaimana dengan blogger pemula seperti kita? Apa saja keuntungan dan kekurangan cara monetasi blog dengan strategi "niche" blog atau "flagship" blog?

Keuntungan "Niche" Blog:

  1. Bisa saling meningkatkan peringkat pada mesin pencari (misalnya pagerank google), dengan saling berbagi traffik maupun tukaran link.
  2. Penghasilan kita lebih stabil, karena memiliki berbagai pilihan blog yang beragam. Kita tidak perlu khawatir untuk bepergian, karena dengan 100 blog yang masing-masing memiliki adsense misalnya, tidak butuh perawatan yang ketat.
  3. Beragamnya Niche yang berarti peluang untuk dicari di mesin pencari lebih besar karena banyaknya pilihan kata kunci.
  4. Tidak tergantung pada satu merek untuk sukses. Merek dapat meningkatkan nilai sebuah blog, tetapi satu merek saja akan membutuhkan kita untuk selalu ada disana. Dengan 100 niche blog kita tidak perlu khawatir tentang hal itu.

Kekurangan "Niche" Blog

  1. Perkembangan "niche" blog biasanya bertahap tidak meningkat pesat. Hal ini disebabkan kita tidak bisa fokus untuk meningkatkan tiap blog. Setelah tulisan pada 1 blog mendapatkan perhatian dari pengunjung, kita akan berpikir untuk meningkatkan blog yang lain lagi, bukannya membuat tulisan baru yang lebih baik dari tulisan sebelumnya pada blog yang sama, sehingga kualitas tulisan kita lebih baik lagi dan pembaca setia kita lebih banyak lagi.
  2. Tidak ada komunitas dan kurang menyenangkan. Apa yang paling menyenangkan tentang ngeblog adalah interaksi dengan pembaca dan blogger lainnya.
  3. Biaya Nama Domain. 100 domain dengan harga masing-masing $ 10, berarti $ 1000 untuk 100 nama domain. Ini tentunya modal yang besar untuk kita sebagai blogger pemula.
  4. Kurangnya kualitas tulisan sehingga hampir semua link masuk berasal dari 100 niche blog yang lain, bukannya dari blog atau situs yang sudah mapan, sehingga sangat sulit mencapai peringkat pertama untuk kata kunci kompetitif dalam mesin pencari.

Keuntungan "Flagship" Blog:

  1. Kita punya cukup banyak waktu untuk bisa menjadi "jagoan" untuk niche yang kita pilih. Kita bisa memiliki profile media sosial yang kuat di beberapa blog,. Kita punya banyak waktu untuk meningkatkan pengunjung dengan meninggalkan komentar di blog lain, "blogwalking", sementara kita masih memiliki waktu untuk merencanakan dan membuat rencana tukaran link maupun membangun koneksi dengan blogger lain. Dengan kata lain, banyak waktu untuk kita melakukan metode promosi blog kita.
  2. Kita dapat membangun merek di blog kita, yang menarik lebih banyak link dan pembaca setia dan meningkatkan nilai blog kita.
  3. Pembuatan tulisan akan lebih mudah dikontrakkan bila kita manfaatkan dengan benar. Jika hanya ada 1 blog dengan topik tertentu kita hanya perlu beberapa blogger untuk membuat tulisan sehingga tidak perlu benar-benar tergantung pada kita. Meskipun tetap penting untuk tetap meluangkan waktu untuk memastikan tiap tulisan blogger tersebut saling melengkapi sehingga semua topik dibahas. Untuk 100 blog dengan beragam topik, mencari seorang 'blogger serba bisa' adalah tugas yang sulit, sehingga satu-satunya alternatif adalah membayar banyak blogger yang berbeda untuk mengisi blog yang tentunya akan luar biasa mahal.
  4. Isi tulisan yang selalu "up to date". Memiliki hanya 1 blog berarti kita memiliki waktu untuk tetap mengetahui kejadian terbaru dan dengan cepat dapat membuat tulisan untuk membahas berita terpanas mengenai topik niche blog kita.
  5. Ada potensi untuk menjadi seorang selebriti internet. Untuk sebagian orang ini merupakan nilai tambah yang bisa membuat bangga, meskipun sebagian orang lain tidak.
  6. Kita benar-benar menikmati dan mengerti tentang topik blog kita. Kebanyakan kita tidak memiliki 100 hobi berbeda tetapi kita memiliki setidaknya satu yang bisa kita jadikan topik blog kita sepanjang hari.
  7. "Flagship" blog bisa kita gunakan sebagai bagian dari usaha untuk berhubungan dengan pelanggan kita dan tetap memberikan informasi tentang perkembangan perusahaan kita.
Bila disimpulkan dalam sebuah kalimat, "dengan 1 blog kita ada waktu untuk menulis dan memasarkan dengan sebaik mungkin".

Kekurangan "Flagship" Blog

  1. Kita bisa terjebak pada jalan buntu untuk meningkatkan pengunjung blog kita pada satu niche yang sangat kompetitif. Dengan hanya 1 blog yang memiliki 1 niche, sekali kita salah memilih niche, maka kita tidak akan berkembang.
  2. Kita bisa kehabisan ide dalam penulisan. Semua blogger mengalami tahapan ketika mereka merasa sulit untuk menulis ide, dan untuk mereka yang tidak bisa menghilangkan perasaan itu sudah pasti gagal.
  3. Peningkatan tekanan untuk selalu menulis karena adanya pembaca setia. "Niche' blog akan mendapatkan pengunjung dari metode lain dan bukan tentang membangun pengikut yang setia. Setelah kita memiliki pengikut setia, akan banyak tekanan moral untuk tetap menulis dengan cara yang sama seperti yang kita telah lakukan untuk mendapatkan yang berikut, yang bisa jadi sangat membuat stress.

Kesimpulan

Untuk kita yang masih blogger pemula, membuat "flagship" blog tentunya membutuhkan pengalaman yang cukup, sedangkan "niche" blog akan memakan banyak waktu kita dan membutuhkan uang yang cukup. Untuk itu, sebagai blogger pemula kita lebih baik memulai dengan 1 "niche" blog dengan niche yang tidak terlalu kompetitif kemudian memperlakukannya sebagai 1 "flagship" blog. Artinya, daripada mencoba mendapatkan $ 100 dari 1 "flagship" blog atau $ 1 dari masing-masing 100 "niche" blog, sebagai blogger pemula akan lebih baik bila kita coba mendapatkan $ 10 dari 1 "niche" blog yang diperlakukan seperti "flagship" blog. $ 10 dari 1 blog tentunya masuk akal untuk kita yang pemula.

bloggerpemula.info@monetasi blog cara "Niche" atau "Flagship"?

0 comments

Post a Comment

RELATED POSTS

Followers